kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumlah investor reksadana bisa mencapai 750.000


Jumat, 28 Juli 2017 / 17:53 WIB
Jumlah investor reksadana bisa mencapai 750.000


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Wahyu T.Rahmawati

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja merilis kampanye reksadana untuk menggaet perhatian pasar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan metode menabung alternatif yang dapat memberi cuan. 

Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) optimistis jumlah investor dapat tumbuh cukup besar. Asri Natanegeri selaku Dewan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) menyatakan, jumlah investor Indonesia dalam satu tahun tumbuh 20%-30%. "Kami berharap jumlah investor bisa bertambah ke 600.000 atau 750.000," jelas Asri kepada KONTAN, Jumat (28/7).

Asri melanjutkan, jumlah investor dalam satu kuartal meningkat 8%. Sebagai gambaran, berdasarkan data Juni 2017, OJK mencatat jumlah single investor identification (SID) adalah 530.615 investor.

Untuk mendukung pertumbuhan investor reksadana, OJK merilis aturan, salah satunya adanya kemungkinan penerbitan reksadana target waktu dan kontrak pengelolaan dana (KPD).

Asri melihat, peluang KPD cukup besar. Pasalnya, pengelolaan ini sebelumnya dibatasi khusus untuk nasabah pemegang amnesti pajak. "Namun dengan adanya peraturan baru, kita dari sisi bank juga bisa membukanya ke nasabah non amnesti pajak," jelas Asri.

Sedangkan mengenai reksadana target waktu, Asri melihat manajer investasi masih melihat timing yang tepat untuk mengeluarkan produk. Perusahaan manajer investasi harus melihat apakah produk ini memiliki prospektif yang baik atau tidak.

Mengenai pertumbuhan, Asri optimistis jumlah investor akan terus bertambah. Hal tersebut juga ditopang dari perkembangan kanal teknologi finansial (fintech) yang semakin mempermudah jangkauan nasabah. Ini juga bisa menjadi stimulus bagi calon nasabah reksadana untuk melihat kesempatan berinvestasi. "Akses dari penjualan atau ketersediaan reksadana sudah tersedia, dengan kemudahan itu maka dapat meningkatakan investor retail kita," kata Asri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×