kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tiga emiten yang akan membagi dividen interim


Kamis, 02 November 2017 / 20:13 WIB
Ini tiga emiten yang akan membagi dividen interim


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mari pilih dan pilah emiten-emiten yang akan membagikan dividen interim dalam waktu dekat ini. Ada tiga emiten yang siap membagi keuntungan dalam waktu dekat, yakni, PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM), PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) dan juga PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

ITMG akan membagikan dividen interim pada tanggal 21 November yang akan datang. Cum dividen dari aksi korporasi ini akan jatuh pada tanggal 3 November 2017 yang akan datang. ITMG akan membagikan dividen Rp 1.300 per saham.

Dengan melihat harga saham ITMG pada penutupan saat ini sejumlah Rp 22.500 maka yield dari dividen yang akan dibagikan oleh ITMG adalah sebesar 5,7%.

Dividen interim MLBI akan dibagikan pada tanggal 28 November yang akan datang. Cum dividen aksi korporasi ini akan jatuh pada tanggal 6 November yang akan datang.

MLBI akan membagikan dividen sejumlah Rp 140 per saham. Dengan melihat harga saham penutupan ITMG hari ini sejumlah Rp 14.450 maka dividen yield dari MLBI adalah sebesar 0,97%.

Sementara itu SMSM bakalan membagikan dividen pada tanggal 24 November yang akan datang. Cum dividen dari SMSM akan jatuh pada tanggal 7 November mendatang.

SMSM bakal membagikan dividen sebesar Rp 15 per saham. Dengan harga penutupan saat ini yakni sebesar Rp 1.305, maka dividen yield dari SMSM adalah sebesar 1,15%.

Reza Priyambada, Analis Binaartha Parama Sekuritas mengatakan bahwa ada beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh investor terkait dengan pembagian dividen ini. Pertama, investor akan melihat besaran dari dividen interim yang dibagikan oleh perusahaan-perusahaan tersebut. "Investor juga akan melihat tren pembagian dividen. Apakah konstan, atau lebih banyak," kata Reza kepada KONTAN, Kamis (2/11).

Kedua, investor juga akan melihat kapan cum dividen dari pembagian dividen ini. Trader biasanya akan mengincar baik dividen atau kenaikan saham sewaktu investor lain tengah berlomba-lomba untuk terdaftar namanya dalam daftar investor yang menerima dividen dalam suatu waktu.

Namun demikian, investor juga akan terlebih dahulu mengincar apresiasi dividen dengan membeli terlebih dahulu saham yang akan dibagi dividennya dan yang akan menjadi incaran pelaku pasar. Reza juga mengatakan bahwa investor juga akan melihat nilai yield meski tak mengatakan secara rinci berapa yield yang ideal untuk dibeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×