kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga platinum berpeluang terkerek permintaan


Rabu, 04 Oktober 2017 / 19:55 WIB
Harga platinum berpeluang terkerek permintaan


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga komoditas platinum terlihat mendaki. Sebagai salah satu logam mulia, harga platinum turut terkerek panasnya konflik geopolitik. Tapi, kinerja logam yang sekaligus dipakai untuk keperluan industri ini tidak naik setinggi emas dan perak. Di kuartal ketiga, harga platinum turun 1,6%.

Pertumbuhan ekonomi China dan perkembangan industri manufakturnya juga mendorong kenaikan harga logam ini. Berdasarkan data Bloomberg, pada Rabu (4/10) pukul 16:00 WIB, harga platinum untuk pengiriman Januari 2018 di New York Mercantile Exchange berada di posisi US$ 918 per ons troi atau naik 0,27% dari hari sebelumnya di level US$ 915,50.

Menurut Direktur Garuda Berjangka Ibrahim, penguatan ini merupakan efek pertumbuhan ekonomi China. "China sebagai penggerak ekonomi terbesar di dunia terus membaik, kita menanti data manufaktur PMI baik dari swasta maupun pemerintah yang terus naik," jelas Ibrahim saat dihubungi KONTAN.

Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China 6,7% tahun ini dan 6,4% tahun depan. Pada Juli lalu, PDB China telah mencapai 6,9%.

Ibrahim merasa proyeksi dari Bank Dunia merupakan angka aman yang dapat dilampaui dengan mudah. Dengan demikian, platinum sebagai logam bahan campuran untuk industri dapat terimbas oleh kegiatan ekonomi negeri Tirai Bambu tersebut.

Ibrahim melanjutkan, sentimen tambahan untuk platinum juga berasal dari pasar yang bergairah mengembangkan transportasi mobil listrik. Platinum yang menjadi salah satu material utama untuk keperluan baterai lithium mobil listrik.

Ibrahim mengatakan, harga platinum saat ini berada di kisaran stabil karena telah terkoreksi di bawah level US$ 1.000 per ons troi. Secara teknikal, Ibrahim melihat grafik moving average (MA) platinum telah berada di atas garis 10% bollinger band dan menandakan positif. Relative strength index berada di level 60% positif dan stochastic juga positif. Sedangkan moving average convergence divergence (MACD) berada di level 60% negatif.

Ibrahim memprediksikan harga platinum akan bergerak ke US$ 917,10-US$ 918,30 per ons troi untuk Kamis (5/10). Sedangkan untuk sepekan, harga akan bergerak ke US$ 917-US$ 918,90 per ons troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×