kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak brent naik lagi akibat Arab Saudi menangguhkan ekspor


Jumat, 27 Juli 2018 / 07:32 WIB
Harga minyak brent naik lagi akibat Arab Saudi menangguhkan ekspor
ILUSTRASI. Lapangan minyak di Arab Saudi


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak naik untuk hari ketiga berturut-turut pada Kamis (26/7) setelah Arab Saudi menangguhkan pengiriman minyak melalui selat di Laut Merah menyusul serangan terhadap dua tanker minyak dan ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Eropa Union mereda.

Brent berjangka naik 61 sen menjadi US$ 74,54 per barel, naik 0,8%. Kontrak sebelumnya menyentuh US$ 74,83 per barel, tertinggi sejak 16 Juli. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 31 sen, menetap di US$ 69,61, naik 0,5 %.

Setelah bertemu Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker di Gedung Putih pada hari Rabu, Presiden AS Donald Trump setuju menahan diri mengenakan tarif mobil sementara Uni Eropa dan Amerika Serikat memulai pembicaraan tentang pemotongan hambatan perdagangan lainnya.

"Tentu itu positif untuk ekonomi dan komoditas," kata John Kilduff, mitra di Again Capital Management di New York. "Semacam ini menghidupkan prospek ekonomi yang meredup dari perang perdagangan."

Harga minyak brent naik dalam perdagangan pasca-penutupan pada hari Rabu setelah Arab Saudi "menghentikan sementara" pengiriman minyak melalui jalur pelayaran Laut Merah Bab al-Mandeb pasca serangan oleh gerakan Houthi Iran yang diarahkan Iran.

Setiap langkah memblokir Bab al-Mandeb, yang berada di antara pantai Yaman dan Afrika di ujung selatan Laut Merah, akan menghentikan pengiriman minyak melalui Terusan Suez Mesir atau pipa minyak mentah SUMED yang menghubungkan Laut Merah dan Mediterania.

Diperkirakan 4,8 juta barel per hari minyak mentah dan produk olahan mengalir melalui Selat Bab al-Mandeb pada 2016 menuju Eropa, Amerika Serikat dan Asia, menurut Administrasi Informasi Energi AS.

Arab Saudi juga memiliki Petroline, yang juga dikenal sebagai East-West Pipeline, terutama mengangkut minyak mentah dari ladang-ladang di timur ke Yanbu untuk diekspor. Itu bisa mengimbangi kemacetan yang disebabkan oleh penutupan Bab al-Mandeb.

Olivier Jakob dari Petromatrix mengatakan dalam sebuah catatan masih harus dilihat apakah langkah Saudi berdampak pada biaya pengiriman.

"Bagian ini tidak sepenting Selat Hormuz, tetapi aliran terbatas di dalamnya akan berdampak tidak hanya untuk minyak mentah tetapi juga untuk produk karena waktu pelayaran yang lebih lama," katanya.

Persediaan minyak mentah AS pekan lalu jatuh lebih dari yang diperkirakan ke level terendah sejak 2015, EIA mengatakan pada hari Rabu, ketika cadangan bensin dan distilat AS jatuh.

Pedagang mengatakan hari Kamis bahwa persediaan di pusat penyimpanan AS di Cushing, Oklahoma, terus turun. Mereka diperkirakan akan turun 1,1 juta barel sampai Selasa, kata para pedagang, mengutip penyedia informasi energi Genscape.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×