kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelar IPO, CARS oversubscribe 1,5x


Senin, 10 April 2017 / 08:15 WIB
Gelar IPO, CARS oversubscribe 1,5x


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Bursa Efek Indonesia kembali mencatat sejarah baru. Perusahaan otomotif, PT Bintraco Dharma Tbk mencatatkan saham di BEI, Senin (10/4). Perusahaan menggelar initial public offering (IPO) dan mencatatkan diri dengan kode emiten CARS dengan harga IPO Rp 1.750. Dua perusahaan sekuritas menjadi penjamin emisi CARS. Yakni PT Ciptadana Sekuritas Asia, dan PT CIMB Sekuritas Indonesia.

CARS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan pembiayaan. Melalui grup otomotif emiten ini menjadi diler kendaraan merek Toyota di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. CARS juga melakukan penjualan kendaraan dan menyediakan layanan purna jual yang mencakup jasa perbengkelan dan penjualan suku cadang asli merek Toyota.

Saat ini, terdapat 22 jaringan diler Nasmoco. Emiten juga menawarkan fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor melalui Entitas Anaknya. Perseroan memiliki 37 kantor cabang jasa pembiayaan yang tersebar di pulau Jawa dan beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Pontianak, Makassar, dan Denpasar.

Rencananya, perusahaan akan menawarkan sebanyak 150 juta saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp 100 setiap saham atau sebanyak 10% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum. Bersamaan dengan Penawaran Umum Saham Perdana, Perseroan juga mengadakan program alokasi saham pegawai (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 10%. Yakni dari jumlah Saham yang ditawarkan atau sebanyak-banyaknya 15 juta saham.

Di samping melakukan Penawaran Umum tersebut, PT Superior Coach selaku pemegang saham Perseroan juga akan melakukan penawaran terbatas. Yakni atas saham-saham miliknya sebanyak-banyaknya 135 juta saham biasa atas nama. Atau sebanyak-banyaknya 9% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum kepada pihak tertentu di dalam maupun di luar wilayah Indonesia.

Pihak-pihak yang akan menjadi target penawaran saham dalam penawaran terbatas oleh PT Superior Coach tersebut adalah investor-investor utama, dana pensiun, asuransi, investor-investor dalam negeri maupun internasional jangka panjang, hedge funds dan wealth management.

Rencananya, 33% untuk belanja modal terkait dengan pengembangan usaha Perseroan dan/atau Entitas Anak, antara lain untuk pembangunan diler baru berikut fasilitasnya untuk memperluas jaringan Toyota.

Selain itu, 33% untuk melakukan investasi yang berkaitan dengan kesempatan akuisisi guna perluasan dan pengembangan kegiatan usaha Perseroan dan Entitas Anak meliputi akuisisi saham atas perusahaan diler, maupun mendirikan perusahaan perusahaan baru. Sementara, sisanya untuk modal kerja, antara lain biaya operasional seperti pembelian persediaan mobil dan suku cadang, modal kerja pembiayaan konsumen serta biaya lainnya.

"Harga wajar sebesar Rp 2.629 per saham, PE Ratio 1,7 kali masih cukup murah dibandingkan dengan PE ratio TURI 13,36 kali, price to book value (PBV) Bintraco Dharma berada di kisaran 1,49 kali atau lebih tinggi dari PBV industri otomotif sebesar 1,02 kali," terang hasil riset Reliance Securities dalam rilis yang diterima KONTAN, Senin (10/4).

"Proyeksi PER FY2017 sebesar 10.32x dan PBV 1.49x MURAH dibandingkan dengan industri otomotif dengan PER dan PBV masing-masing sebesar 20.31x dan 1.02x. Tingkat GPM Perseroan di level 17% lebih tinggi dari rata-rata industry sebesar 14.%," terang Profindo International Securities dalam riset yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×