kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas turun pasca rilis data ketenagakerjaan AS


Sabtu, 06 Februari 2016 / 10:21 WIB
Emas turun pasca rilis data ketenagakerjaan AS


Sumber: Bloomberg | Editor: Yudho Winarto

NEW YORK. Pelaku pasar kembali menghadapi momok kenaikan suku bunga lanjutan The Fed, pasca rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang terbaru. Emas, komoditas dengan kinerja terbaik tahun ini kini tertekan.

Harga kontrak emas untuk pengiriman April turun sebanyak 1 % ke level US$ 1.145,50 per ons troi, sebelum menetap sedikit berubah di level US$ 1.157,70 pada pukul 1:42 waktu New York di Comex.

Sebelum laporan pekerjaan, harga sempat naik menyentuh level US$ 1.164, yang merupakan tertinggi sejak 28 Oktober. Logam ini naik 9,2 % tahun ini, setelah membukukan tiga penurunan tahunan beruntun.

Laporan pemerintah pada hari Jumat menunjukkan tingkat pengangguran AS jatuh pada bulan Januari ke level terendah sejak 2008, sementara pendapatan per jam naik lebih dari perkiraan, memperkuat kasus untuk Federal Reserve untuk mengetatkan kebijakan moneter lebih lanjut. Dollar menguat, membatasi daya tarik emas sebagai aset alternatif. logam kuning ini tergelincir dari level tiga bulan tertinggi sebelum laporan pekerjaan.

Emas merupakan logam yang berkinerja terbaik tahun ini di Commodity Index Bloomberg seiring aksi jual di saham global dan tanda-tanda pertumbuhan ekonomi AS tidak merata yang dipicu taruhan bahwa Fed akan menunda menaikkan suku lagi.

Suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik logam mulia, seiring ketidakmampuannya membayar bunga. Fed fund futures menunjukkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Desember telah naik menjadi 53 %, dari 46 % pada Kamis.

Gubernur Fed Dallas Robert Kaplan mengatakan hari Kamis bahwa terlalu dini untuk menilai apa yang para pembuat kebijakan akan putuskan mengenai tingkat suku bunga pada pertemuan mereka di bulan Maret, seiring mereka mengukur implikasi dari meredupnya prospek global untuk pekerjaan AS dan inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×