kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas tergerus sepanjang Agustus


Rabu, 31 Agustus 2016 / 12:51 WIB
Emas tergerus sepanjang Agustus


| Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Harga emas menuju penurunan bulanan pertama sejak Mei lantaran investor mengantisispasi kenaikan suku bunga The Fed akhir tahun. Hal ini memperlambat pembelian emas di exchange-traded funds (ETF).

Mengutip Bloomberg, Rabu (31/8) harga emas kontrak pengiriman Desember 2016 di Commodity Exchange menguat 0,3% ke level US$ 1.315,24 per ons troi pada pukul 10.59 waktu Singapura. Harga emas turun di level US$ 1.309,34 per ons troi pada Selasa (30/8) yang merupakan level terendah sejak 28 Juni. Sepanjang bulan ini, emas tergerus 2,7%.

Penurunan emas di bulan Agustus merupakan yang pertama sejak tahun 2009. Biasanya, harga emas menguat di bulan Agustus lantaran kenaikan permintaan menjelang musim pernikahan dan festival di India sebagai konsumen terbesar bersama China. Tekanan terhadap harga emas terjadi setelah Gubernur The Fed Janet Yellen memberi komentar hawkish sehingga meningkatkan peluang kenaikan suku bunga dan mendorong laju dollar AS.

Wakil Ketua The Fed Stanley Fischer menyatakan jika data ekonomi AS akan menjadi penentu kenaikan suku bunga. Fischer juga menyatakan optimisme jika produktivitas akan semakin tumbuh. Pernyataan ini mengikuti komentar sebelumnya yang mengisyaratkan kenaikan suku bunga bulan September.

"Emas akan berada di bawah tekanan karena meningkatkan sinyal kenaikan suku bunga The Fed," ujar Bernard Aw, ahli strategi IG Asia Pte di Singapura, seperti dikutip Bloomberg.

Investor saat ini menanti data nonfarm payroll Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis Jumat (2/9). Data tersebut akan menjelaskan lebih lanjut tentang kondisi ekonomi AS saat ini dan memberi petunjuk kapan kenaikan suku bunga The Fed. Kepemilikan emas pada ETF naik 25 metrik ton bulan ini atau kenaiakn terkecil di tahun 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×