kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chandra Asri siapkan capex US$ 570 juta pada 2018


Senin, 23 April 2018 / 17:50 WIB
Chandra Asri siapkan capex US$ 570 juta pada 2018
ILUSTRASI. RUPS Chandra Asri


Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menganggarkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar US$ 570 juta untuk ekspansi tahun ini.

Capex tersebut untuk merampungkan sejumlah ekspansi yang sudah dan akan dilakukan emiten petrokimia ini. Saat ini, Chandra Asri tengah membangun fasilitas pabrik polyethylene (PE) berkapasitas 400 kilo ton per tahun.

"(Fasilitas) itu nilai investasinya US$ 380 juta, dan diharapkan pembangunannya selesai pada akhir tahun 2019," ujar Suryandi, Corporate Secretary Chandra Asri, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Senin (23/4).

Selain itu, Chandra Asri juga tengah membangun kompleks pabrik baru Chandra Asri Petrochemical (CAP) II yang bersebelahan dengan CAP I di daerah Cilegon, Banten. Untuk ekspansi ini, perseroan menganggarkan US$ 207 juta dari anggaran belanja modal tahun ini. Dana ini digunakan untuk studi kelayakan proyek.

Chandra Asri sengaja mencadangkan biaya-biaya awal studi proyek pada belanja tahunan perseroan, khususnya untuk proses akuisisi lahan. Secara simultan, perusahaan akan melakukan studi teknologi dan permesinan.

Asal tahu saja, kompleks pabrik CAP II membutuhkan lahan seluas 200 hektare dengan total investasi sebesar US$ 5 miliar. Studi ini memakan waktu cukup lama, sehingga perseroan menargetkan keputusan pembangunan CAP II dapat diambil pada kuartal I-2020.

Suryandi mengatakan, hingga tahun 2020 setidaknya perseroan sudah menganggarkan total capex sebesar US$ 1,2 miliar. Anggaran ini akan dilepas bertahap. Tahun depan, Chandra Asri mengalokasikan capex sebesar US$ 540 juta.

"Memang dari tahun 2018 hingga seterusnya capex kami akan terus besar karena ada PE baru, dan ada beberapa turunan yang akan kami bangun pabriknya," kata Suryandi.

Sebagai catatan, pada tahun lalu, capex Chandra Asri hanya US$ 250 juta. Seiring dengan permintaan PE yang terus meningkat, perusahaan terus memperbesar kapasitas produksi.

Chandra Asri memprediksi permintaan pasar PE di Indonesia sekitar 1,4 juta ton per tahun. Angka ini akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan domestik bruto (PDB) negara. Saat ini, kapasitas produksi Chandra Asri berada di level 3,3 juta ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×