kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Berjangka Jakarta targetkan 6 juta transaksi lot di tahun ini


Minggu, 28 Januari 2018 / 11:52 WIB
Bursa Berjangka Jakarta targetkan 6 juta transaksi lot di tahun ini
ILUSTRASI. BBJ Laporkan Kenaikan Transaksi Multilateral


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) menargetkan pertumbuhan volume transaksi sebesar 10% di 2018. Manajemen akan berusaha meningkatkan jumlah transaksi multilateral.

"Kami menargetkan volume transaksi 2018 bisa mencapai 6 juta lot," kata Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta Stephanus Paulus Lumintang, kepada KONTAN, Sabtu (27/1).

Asal tahu saja, sepanjang 2017, BBJ berhasil mencatatkan transaksi lot sebesar 5,5 juta. Angka ini turun tipis dari pencapaian tahun sebelumnya di 5,68 juta transaksi. Masuk 2018, BBJ menargetkan kenaikan volume transaksi hingga 10% atau setara dengan 6 juta lot.

Untuk mencapai target tersebut, BBJ sudah mempersiapkan sejumlah strategi. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah kontrak berjangka baru untuk produk emas syariah, karet dan kontrak finansial.

Corporate Secretary BBJ Tumpal Sihombing menyatakan, saat ini, pengaturan kontrak emas syariah tengah menunggu persetujuan dari Majelis Ulama Indonesia.

"Ada banyak syarat yang harus dipenuhi, dari sisi regulasi dan fatwa," jelas Tumpal.

Untuk kontrak emas syariah tengah diusahakan untuk rilis semester ini, dan kontrak karet akan rilis di semester dua. Sedangkan kontrak finansial masih dalam tahap perancangan dan bakal berkolaborasi dengan Bursa Efek Indonesia.

"Kontrak finansial dirilis apabila sudah berafiliasi dengan BEI. Kalau sudah jadi, akan ada beberapa kontrak finansial yang sudah kami siapkan," jelas Paulus. Kontrak finansial tersebut akan berisi campuran indeks dan single stock.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×