kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BATA akan tambah 20 gerai pada 2018


Minggu, 17 Desember 2017 / 20:08 WIB
BATA akan tambah 20 gerai pada 2018


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sepatu Batu Tbk (BATA) tengah menyiapkan sejumlah rencana bisnis di bawah pimpinan Direktur Utama yang baru, Indeepreet Singh. Perusahaan ritel produk alas kaki ini akan terus melakukan ekspansi gerai dan produk.

Tahun depan, BATA berencana menambah 25 toko baru. Lima diantara akan dibuka dengan konsep gerai Merie Claire dan 20 toko Bata. Ekspansi tersebut akan dilakukan di luar pulau Jawa.

"Pembukaan toko baru tersebut akan lebih difokuskan mengikuti perkembangan pembukaan shopping mall baru di wilayah Manado Makassar, Bali." kata Inderpreet Singh, Direktur Utama BATA, Jumat (15/12).

Di samping menambah gerai baru, BATA juga berencana merenovasi 55 gerai tahun depan. Saat ini, BATA sudah memiliki sekitar 550 gerai.

Inderpreet mengatakan, investasi yang disiapkan untuk pembukaan satu gerai maupun untuk renovasi sama saja yakni sekitar Rp 500 juta.

Di samping penambahan gerai milik sendiri, BATA juga berencana mulai menarwarkan kemitraan waralaba tahun depan. Inderpreet mengatakan, pihaknya tertarik menawarkan kemitraan karena melihat pasar waralaba di Indonesia sangat besar.

Tahun depan, BATA menargetkan bisa menjalin 15 kemitraan waralaba. "Walaupun kami mau coba tawarkan waralaba, ekspansi ke depan tetap kita akan fokuskan secara sendiri. Waralaba ini hanya inovasi tambahan saja untuk mendorong pertumbuhan bisnis," kata Inderpreet.

Inderpreet juga belum bersedia menjelaskan mekanisme bisnis waralaba yang akan ditawarkan tahun depan lantaran masih dalam proses persiapan. Nantinya, bisnis waralaba ini akan dikelola departemen non ritel.

Sementara strategi perusahaan dari sisi produk tahun depan akan fokus menciptakan produk alas kali yang lebih menarik dan trendy sehingga pilihan di toko semakin bervariasi.

Selain mendorong penjualan lewat gerai, Sepatu Bata juga akan terus meningkatkan penjualan lewat online atau e-commerce. Saat ini, perusahaan memang masih memanfaatkan situa e-commerce yang ada seperti Lazada. Namun, ke depan, perusahaan berencana mengembangkan platform e-commerce sendiri.

Dengan strategi-strategi tersebut, BATA optimis bisa mencatatkan pertumbuhan pendapatan 7%-8% tahun 2018. Sementara tahun ini, Inderpreet memperkirakan pendapatan perusahaan masih akan sama dengan tahun 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×