kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bakrie Nirwana Realty miliki 6,89% saham CSIS


Senin, 18 Desember 2017 / 09:30 WIB
Bakrie Nirwana Realty miliki 6,89% saham CSIS


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bakrie Nirwana Realty, anak usaha PT Bakrieland Tbk (ELTY), membenamkan investasi di saham PT Cahayasakti Investindo Tbk (CSIS). Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) memaparkan, Bakrie Nirwana mengempit 6,89% saham CSIS sejak Oktober 2017 lalu.

Ambono Janurianto, Direktur Utama ELTY, mengakui hal tersebut. Namun, Ambono enggan mengungkapkan alasan Bakrie Nirwana mengempit saham perusahaan Olympic Group tersebut. "Untuk sementara belum ada kerjasama apapun," ujar dia pada KONTAN, Minggu (17/12).

Ambono juga tak menyebutkan nilai investasi yang digelontorkan saat membeli saham CSIS. Tapi, dengan jumlah sebanyak 90 juta saham, nilai saham CSIS yang dimiliki Bakrie Nirwana saat ini sekitar Rp 72 miliar, dengan mengacu harga saham CSIS sebesar Rp 800 per saham.

Juanda Hasurungan Sidabutar, Direktur Utama CSIS, juga mengatakan, sejauh ini belum ada kerjasama dengan grup Bakrie. "Kami tidak tahu alasan Grup Bakrie, kami hanya tahu setelah melihat daftar pemilik saham," kata Juanda. Yang terang, ELTY dan CSIS sama-sama memiliki lahan dan proyek properti di Sentul, Bogor.

Reza Priyambada, Analis Binaartha Parama Sekuritas, mengatakan, bisa saja Grup Bakrie masuk hanya sebagai perusahaan yang memang ingin berinvestasi. "Apalagi cara cepat membeli properti adalah dengan membeli saham properti," kataReza

Dia juga mengatakan, hal ini bisa menjadi salah satu strategi bisnis Grup Bakrie, terutama ketika kinerja unit usaha propertinya belum membaik.

Bagi CSIS, masuknya Grup Bakrie bisa berdampak besar apabila keduanya dapat menjalin kerjasama bisnis dan mendapatkan pendanaan. Apalagi, CSIS akan membangun central bussiness district (CBD) di wilayah Bogor.

"Yang mau dilihat apakah dengan adanya proses ini, ada perpindahan dana atau tidak, karena nanti bisa digunakan untuk melebarkan usaha. Tapi kalau hanya jual beli saham saja, tidak ada pengaruhnya ke kinerja," tandas Reza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×