kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astronacci, meneropong astrologi harga saham


Kamis, 27 November 2014 / 18:30 WIB
Astronacci, meneropong astrologi harga saham


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Prediksi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bukan hanya soal analisa teknikal dan fundamental. Analisa indeks juga bisa menggunakan perhitungan astrologi dan deret angka yang bisa membentuk rasio emas alias bilangan fibonacci.

Kedua hal itu digabungkan menjadi satu, dan populer dengan istilah Astronaci. "Astronacci dapat digunakan untuk menghitung waktu dan pergerakan harga serta arah tren di masa depan pada saham, kurs, dan komoditi," imbuh Gema Goeyardi, Presiden & Founder PT Astronacci International Gema Merdeka Goeyardi di sela kegiatan New Branding Launching Astronacci: The Rise of Indonesia Investor.

Sedikit gambaran, angka 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21 dan seterusnya sepintas terlihat berantakan dan tidak memiliki urutan tertentu. Tapi jika diperhatikan lebih lanjut, angka tersebut merupakan angka yang didapat dengan cara menambahkan kedua bilangan yang berurutan sebelumnya. Inilah yang disebut deret angka fibonacci.

Belum sampai disitu. Jika dimulai dari posisi angka tiga dan seterusnya, hasil pembagian angka yang saling bersebelahan selalu menyentuh angka 1,6. Misal, 5:3=1,6; lalu 8:5=1,6; 21:13=1,6 dan seterusnya. 

Jadi, meski terlihat acak, angka-angka tersebut sejatinya membentuk pola tertentu yang sangat teratur. Nah, hal inilah yang menjadi dasar analisa astronacci. Astronacci memiliki filosofi dasar bahwa harga tidak bergerak secara acak, melainkan bergerak dalam sebuah rangkaian pengulangan dari siklus harga sebelumnya dan berputar dalam pola lingkaran.

"Oleh sebab itu, harga yang akan terjadi di masa datang baik support maupun resistance hanyalah suatu pengulangan pola dari hal yang telah berlalu, dan hal ini akan terjadi lagi pada suatu waktu tertentu yang dapat dihitung kapan terjadinya. Jadi, bukan hanya memperoleh keuntungan besar, tapi para trader bisa lebih mengantisipasi kejatuhan pasar secara tiba-tiba," tutur Gema.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×