kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi Fed, mayoritas bursa Asia naik


Rabu, 13 Desember 2017 / 08:36 WIB
Antisipasi Fed, mayoritas bursa Asia naik


Reporter: Dupla Kartini | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pasar saham Asia bergerak variatif dengan kencenderungan menguat pada perdagangan Rabu (13/12) pagi. Pelaku pasar mengantisipasi keputusan suku bunga Federal Reserves (Fed).

Mengutip CNBC, indeks Nikkei 225 turun tipis 0,04% pada awal perdagangan. Namun, saham produsen mobil dan keuangan mampu menguat di tengah penurunan saham energi. Sedangkan, saham teknologi bergerak beragam.

Di Korea, indeks Kospi naik 0,35%, karena Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memulai perjalanan empat hari ke China. Program senjata nuklir Korea Utara dan penyebaran sistem pertahanan rudal THAAD di Seoul, diperkirakan masuk dalam agenda pembicaraan selama perjalanan.

Saham terkait THAAD, yang sempat terpukul ketika China melakukan pembalasan terhadap Korsel dengan memangkas pariwisata, hari ini bergerak naik. Misalnya, saham Lotte Shopping menguat 1,76%, Amorepacific naik 2,09% dan Korea Air Line melompat 4,52%.

Pasar Australia juga menguat tercermin dari indeks S&P/ASX 200 yang dibuka naik 0,2%. Saham pusat perbelanjaan Westfield melonjak 14,41% setelah menerima tawaran pengambilalihan senilai US$ 15,7 miliar dari petenis Prancis Unibail-Rodamco.

Secara umum sentimen pasar global cukup positif. Mayoritas saham di Wall Street ditutup menguat, semalam. Indeks Dow Jones dan S&P 500 bahkan memperbarui rekor tertinggi. Pasar optimistis terhadap keberlanjutan reformasi pajak yang diusung Presiden Donald Trump.

Investor juga menunggu kesimpulan dari pertemuan FOMC yang membahas kebijakan moneter. Pada Rabu ini diperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis points. Pelaku pasar juga mencermati Fed untuk mengetahui bagaimana bank sentral merespon kemungkinan perubahan pada sistem perpajakan AS.

Dari pasar valuta, indeks dollar AS diperdagangkan stabil di 94,05 pada pukul 08.16 waktu Hong Kong. Sementara, dari komoditas, harga minyak di pasar Asia mencoba naik setelah ditutup turun di pasar Amerika, semalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×