kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis rekomendasikan beli saham PTPP, WIKA, WSKT


Rabu, 14 Maret 2018 / 00:00 WIB
Analis rekomendasikan beli saham PTPP, WIKA, WSKT
ILUSTRASI. Pasar modal


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gencarnya pembangunan infrastruktur pemerintah terbukti bisa mengerek naik kinerja emiten konstruksi. Analis memprediksikan tahun 2018 kinerja emiten konstruksi tetap aman.

Beberapa emiten konstruksi telah merilis laporan kinerja keuangan periode satu tahun penuh 2017. Empat di antaranya adalah emiten konstruksi dalam daftar LQ45, yakni PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT PP Tbk (PTPP), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), dan PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Sebagai gambaran, empat emiten tersebut rata-rata mencatat kenaikan laba sebesar 74,75% year on year (yoy) di 2017. Pendapatan empat emiten tersebut rata-rata naik 52,26% yoy 2017.

Kepala Riset Koneksi Kapital Sekuritas Alfred Nainggolan menilai, pertumbuhan kinerja keuangan emiten konstruksi terdorong oleh peningkatan jumlah pengerjaan proyek. Hal ini khususnya terkait fokus pemerintah dalam pembangunan infrastruktur.

“Kapasitas perusahaan terpakai penuh. Margin perusahaan semakin besar dan pertumbuhan perusahaan juga lebih tinggi,” ujar Alfred, Selasa (13/3).

DHI misalnya, margin laba kotor naik dari 10,08% di 2016 menjadi 13,57% di 2017. “Kinerja yang bagus sudah diprediksi dari awal karena banyaknya proyek pemerintah,” tambah Direktur Investa Saran Mandiri, Hans Kwee.

Meski demikian, Hans tak menampik bahwa ada proyek-proyek di luar proyek pemerintah yang turut berkontribusi untuk kinerja emiten konstruksi. Hal ini seiring perbaikan perekonomian Indonesia.

Tahun ini, Alfred menyebut kinerja emiten sektor konstruksi masih akan outperform. Ia optimistis sektor konstruksi akan catat pertumbuhan di atas rata-rata industri. Dalam proyeksi Alfred, beberapa emiten konstruksi punya pertumbuhan laba bersih 35%-40% di tahun 2018.

“Melihat contract on hand dan target kontrak emiten karya sektor konstruksi sangat prospektif. Mereka tak sulit lagi cari proyek, tinggal pastikan urusan teknis dan pendanaan berjalan lancar,“ ujar Alfred.

Meski sepakat emiten konstruksi masih akan catat kinerja cemerlang, Hans memperkirakan pertumbuhan kinerja yang dicatat emiten konstruksi di 2018 tak setinggi di 2017. “Proyek pemerintah akan banyak selesai jelang tahun pemilu,” tutur Hans.

Tahun 2017 lalu, emiten konstruksi dihadapkan dengan tantangan arus kas yang terganggu aikibat sistem pembayaran proyek. Namun, Alfred dan Hans sepakat bahwa tahun ini tantangan di sisi arus kas akan berkurang. Semakin banyak proyek selesai, akan semakin banyak pembayaran yang diterima.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×